Perbedaan File System FAT32, NTFS, dan exFAT [Format Flashdisk]


filesystem

MasPram – Sering kali kita jumpai saat ingin memformat  flashdisk, kamu masih suka bingung dengan perbedaan file system FAT, FAT32, NTFS, dan exFAT. Memang, apa sih bedanya, dan apa kelebihan dari masing-masing format tersebut.

Kali ini saya memberikan penjelasan tentang apa itu FAT, FAT32, NTFS, dan juga exFAT dibawah ini:

  • FAT

File system FAT merupakan file sistem/sistem berkas default dari sebuah storage yang paling kompatibel sistem format di seluruh dunia. Anda hampir dapat menjamin bahwa dengan menggunakan format file sistem FAT, Anda bisa pasang perangkat Anda ke komputer yang menjalankan OS atau hubungkan ke perangkat elektronik atau digital dan memiliki data Anda dibaca.

Sistem berkas FAT juga lebih cepat dan memakan banyak ruang pada perangkat USB. Namun, sistem file FAT tidak memiliki built-in keamanan, sehingga siapapun dapat membaca file. FAT32 lebih baik daripada FAT karena memiliki ukuran cluster yang lebih kecil dan karena itu membuang-buang ruang pada disk.

  • FAT32

File system FAT32 merupakan sistem file yang paling tua dan paling berpengalaman dalam sejarah komputasi. Sistem ini dimulai pada tahun 1977 dengan 8-bit sistem file FAT hingga sekarang berkembang menjadi 32-bit FAT32.

FAT32 merupakan inovasi dari FAT16 yang mana memungkinkan kamu untuk menyimpan file dengan ukuran hingga 4GB. Jadi, dengan sistem file seperti ini kamu sudah mampu menyimpan file sebesar itu dalam sebuah perangkat storage.

  • NTFS

Sistem file buatan Microsoft lainnya adalah NTFS. Sisem file NTFS ini dikenalkan pada tahun 1993 saat Windows NT 3.1 baru-barunya diperkenalkan. NTFS sendiri merupakan singkatan dari New Technology File System. Nah, sistem file NTFS sendiri punya desain yang terbilang sederhana, namun kemampuannya itu lebih baik dibandingkan file system FAT.

Kelebihannya, NTFS mampu mengatur kuota volume untuk setiap penggunanya atau bisa disebut dengan Disk Quota. NTFS juga mendukung sistem file yang terenkripsi, sehingga cukup aman ketika kamu menyimpan data dalam file system NTFS ini.

  • exFAT

Sistem file exFAT merupakan jajaran keluarga dari FAT, namun masih lebih baik dari FAT32. Secara teori, exFAT dan FAT32 itu memiliki ciri khas yang sama. Namun, ada perbedaan dalam penggunaannya.

Jika FAT32 itu hanya mampu menampung file dengan ukuran maksimal 4GB maka exFAT merupakan upgrade dari FAT32 yang dapat menjadi pilihan terbaik. Sehingga kamu bisa menyimpan data lebih dari 4GB sekali pun, Biasanya, hal ini diterapkan pada flashdisk dan microSD zaman sekarang.

Kelemahan utama ExFAT adalah  tidak kompatibel dengan format file FAT. Hal ini hanya dapat dibaca pada Windows XP dan kemudian (dengan paket layanan diinstal) dan OS X Snow Leopard dan lebih tinggi. Di luar dua sistem operasi, tidak ada sistem lain yang mendukung sistem file exFAT. Jika Anda tahu sistem Anda akan menggunakan perangkat USB pada mendukung ExFAT, maka itu adalah pilihan terbaik karena manfaat kinerja dan kurangnya pembatasan ukuran.

 

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s