Sejarah phpMyAdmin


MasPram – Assalamualaikum, semoga pembaca dalam keadaan sehat selalu. Kali ini saya akan membahas mengenai apa itu phpMyAdmin, sejarah, dan fungsinya. Monggo [Silahkan] disimak.

Apa itu phpMyAdmin?

phpmyadmin

Tampilan phpMyadmin

phpMyadmin merupakan perangkat lunak bebas (Open Source) yang ditulis dalam bahasa pemrograman PHP yang digunakan untuk menangani administrasi MySQL melalui Jejaring Jagat Jembar (World Wide Web). phpMyAdmin mendukung berbagai operasi MySQL, diantaranya (mengelola basis data, tabel-tabel, bidang (fields), relasi (relations), indeks, pengguna (users), perizinan (permissions), dan lain-lain). Intinya software ini digunakan untuk pengolahan database berbasis MySql.

Sejarah

Pada mulanya sebelum ada phpMyAdmin para pengelola database menggunakan perintah command text. Pada linux menggunakan Terminal dan sedangkan pada pengguna Windows menggunakan Command Prompt (Cmd).

Karena MySQL adalah sistem manajemen database RDBMS tanpa GUI untuk mengelolanya. Semakin berkembangnya penggunaan MySQL memicu pihak pengembang ketiga untuk mengembangkan sistem GUI grafis untuk melakukan manajemen database pada MySQL.

image

Tobias Ratschiller

Pengembangan phpMyAdmin dimulai pada tahun 1998 oleh Tobias Ratschiller seorang konsultan IT. Ratschiller mengerjakan sebuah program bernama MySQL-Webadmin dengan bebas, yang merupakan produk dari Petrus Kuppelwieser, yang telah berhenti mengembangkannnya pada saat itu. Ratschiller menulis kode baru untuk phpmyadmin, dan ditingkatkan pada konsep dari proyek Kuppelwiesser. Ratschiller meninggalkan proyek phpMyAdmin pada tahun 2001. Sekarang, Sebuah tim dari delapan pengembang yang dipimpin oleh Oliver Muller meneruskan pengembangan phpMyAdmin di SourceForge.net.

sourceforge

Sourceforge.net

Fitur

Beberapa fitur dalam phpMyAdmin :

  • Antarmuka berbasis web.
    • Dukungan banyak fitur MySQL:
      • menelusuri dan drop basisdata (database), tabel, pandangan (view), bidang (fields) dan indeks.
      • membuat, menyalin, drop, dan mengubah nama basis data, tabel, kolom dan indeks.
      • pemeliharaan server, basis data dan tabel, dengan server konfigurasi.
      • melaksanakan, mengedit dan penunjuk pernyataan-SQL, bahkan batch-queries
      • mengelola pengguna MySQL dan hak istimewa.
      • mengelola prosedur penyimpanan.
  • Impor data dari CSV dan SQL
  • Ekspor data ke berbagai format: CSV, SQL, XML, PDF, ISO / IEC 26300 – OpenDocument Text dan Spreadsheet, Word, Excel, LATEKS dan lain-lain
  • Membuat grafik PDF dari tampilan basis data anda.
  • Membuat kompleks query menggunakan Query-by-example. (QBE)
  • Pencarian global dalam basis data.
  • Transformasi data disimpan ke dalam format yang menggunakan satu set fungsi yang telah ditetapkan, seperti menampilkan data blob-data atau download-link.

Sejak versi 3.0.0, phpMyAdmin bergabung dengan GoPHP5 dan bisa menciptakan kompatibilitas kode dengan versi PHP dan MySQL lama. Versi 3 ke atas memerlukan setidaknya PHP 5.2 dan MySQL 5. PhpMyAdmin pernah memenangkan beberapa penghargaan, diantaranya sebagai aplikasi berbasis PHP terbaik serta mendapatkan predikat sebagai “Tool terbaik untuk SysAdmins” dari komunitas SourceForge.net. Hingga kini PhpMyAdmin telah dikembangkan lebih dari belasan tahun dan secara konsisten memperbaiki kualitasnya.

 

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s