Cara Membuat Struktur Organisasi di CorelDraw


[Pram] – Assalamualaikum.wr.wb, postingan kali ini akan membahas bagaimana cara membuat struktur organisasi di CorelDraw. Bukan hanya di Microsoft Word atau Exel saja yang bisa membuat struktur organisasi, di coreldraw juga bisa. Membuat struktur organisasi di CorelDraw bebas menentukan ukuran, dan juga dapat menyisipkan foto serta memberi background secara leluasa. Pada pembahasan kali ini saya menggunakan CorelDraw X7, tidak harus menggunakan versi yang sama dengan saya, versi berapa saja yang anda miliki bisa digunakan dalam tutorial kali ini. Intinya versi coreldraw yang lebih enak dan nyaman anda pakai. Monggo langsung dipraktekkan

1. Buka corelDraw sampean, buat kotak menggunakan Rectangle Tools (F6)rectangle tools2. Selanjutnya copy dan paste kotak yang anda buat, kemudian atur ukuran dan susun seperti gambar dibawah ini. Jangan lupa di Goup (Ctrl+G).

rectangle23. Copy dan paste kotak yang telah anda susun tadi. Banyaknya yang di paste sesuai kebutuhan anda, kemudian susun selayaknya susunan struktur organisasi seperti apa.

struktur organisaasi4. Selanjutnya kita menggunakan fasilitas connector tool. Setelah anda susun, klik connector tools.

connector tools5. Arahkan mouse pada node ytang berwarna merah trus geser atau drag ke node yang lainnya, juga lakukanpada node-node yang lain supaya terhubung dalam bentuk garis.

connector tools26. Selanjutnya untuk merubah ukuran garis dan membuat arah panah, klik garis yang telah terbuat menggunakan connector tool tadi dan lihat pada toolbar anda akan otomatis muncul. Penampakannya seperti gambar dibawah ini.

ubah garisketerangan :

Point 1 : Merubah ukuran garis

Point 2 : Membuat mata panah yang mengarah ke atas.

Point 3 : Mmebuat mata panah yang mengarah ke bawah.

7. Lakukan kembali langkah no.5 untuk menghubungkan ke kotak lainnya. Buatlah sesuai keinginan anda, bisa menambahkan foto, bingkai, ataupun background.

strukturSemoga bermanfaat 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s