Jika Pacarmu Seorang Minang


Menjawab pertanyaan seseorang yang ku terima dari sebuah percakapan singkat melalui email kemarin. Belum sempat aku menjawabnya dikarenakan memang butuh berfikir dan tidak asal menjawab, dan semoga engkau membaca ini.

Mas, mantanmu itu banyak kali. Tapi yang ku tahu mas, belum pernahkan punya pacar orang minang?. Dan aku tahu juga batak kamu belum pernah. Tapi aku akan menanyakan yg awal saja 🙂

Ya, memang aku belum pernah punya pacar orang minang. Beda bahasa, budaya sampai makanan denganku yang memang akunya orang jawa. Tak pernah ku pikirkan perbedaan itu menjadi suatu penghalang, apapun kata miring dan pakai tanda kutip mengenai orang minang. Sampai saat ini pun, bahasa minang itu menurutku sulit untuk dipelajari. Meskipun keseharianku, sekelilingku mayoritas orang minang. Pernah aku mencoba untuk berbicara menggunakan bahasa minang, namun apa yang terlontar dari teman-temanku. Jowomu medok lee.

Jika pacarmu seorang minang, tak pernah aku pikirkan aku akan bosan makan rendang. Memang masakan itu yang aku sukai dari kecil. Dan baru malam tadi aku merasakan rendang, kebetulan atau tidak, benar atau tidak, yang masak pun orang minang. Dan aku berharap diapun suka gudeg ataupun makanan khas jawa yang khas dengan rasa manisnya.

Apalagi dengan teh telor, dicampur sedikit dengan perasan air jeruk nipis. Sering aku beli di dekat rumahku, dan jika suatu saat pacarku orang minang ku harap dia bisa buatkan aku teh telor. Bercanda . . .

Tak ada penjelasan panjang lagi, toh keluargaku juga tak pernah mempermasalahkan siapa, suku dan budayanya. Keluarga ibuku juga bhineka tunggal ika, ada batak, melayu, minang, jawa. Intinya cuma satu, kau dan aku satu agama.

2 thoughts on “Jika Pacarmu Seorang Minang

Leave a Reply

