Alessandro Volta, Penemu Baterai


Baterai, pasti anda semua tahu baterai bagaimana bentuknya dan apa kegunaannya. Namun apakah anda tahu siapa yang pertama kali menemukannya?. Akibat penemuannya dahulu, dunia ini sangat berterimakasih atas penemuannya. Bayangkan jika tidak ada baterai, apa yang terjadi?.

Alessandro_Volta

Alessandro Volta (1745-1827)

Baterai ditemukan oleh Alessandro Volta seorang ahli fisika terkenal dari Italia. Lahir pada 18 Pebruari 1745 di Como, Lombardia, Italia. Sejak usia 14 tahun iya sering mengatakan keinginannya untuk menjadi seorang ahli fisika terkenal.

Pada tahun 1786, seorang ahli fisiologi yang sekaligus teman Volta yang bernama Luigi Galvani, melakukan eksperimen terhadap kaki katak yang diikat dengan kait tembaga. Pada saat kaki katak menyentuh besi, secara otomatis kaki itu berdenyut. Berdasarkan kejadian tersebut, maka Galvani berpendapat bahwa ternyata daging katak mengandung listrik . Kesimpulan tersebut tidak langsung diterima mentah-mentah oleh Volta. Bahkan, ia sendiri kemudian larut dalam serangkaian eksperimen untuk membuktikan kebenarannya. Hasilnya, pada tahun 1794 atau delapan tahun setelah kejadian itu, Volta memperoleh kesimpulan dari eksperimennya, yaitu ternyata listrik yang dimaksud Galvani bukan berasal dari daging katak, malainkan dari logam. Dari sinilah terjadi perdebatan sengit antara pengikut Volta dan pengikut Galvani. Sayangnya, perdebatan itu tidak menemui titik temu selama rentang waktu enam tahun lamanya. Hingga pada tahun 1800, Volta berhasil menemukan baterai . Penemuannya ini sekaligus menumbangkan teori Galvani, dan menghentikan perdebatan yang terjadi antara kedua kubu tersebut. Berikut ini gambaran baterai pertama kali yang dirancang oleh alessandro Volta

Baterai_alessandro volta

Alessandro Volta meninggal pada usia 82 tahun atau tepatnya pada 5 Maret 1827 di tanah kelahirannya, Como. Semasa hidupnya, Volta pernah menjadi guru besar dan seorang pengarang. Selain baterai, Volta juga memiliki sejumlah penemuan yang terkenal, diantaranya adalah kondensator, eudimeter, pistol listrik.

Advertisements

12 thoughts on “Alessandro Volta, Penemu Baterai

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s