Desa Para Shinobi dalam Serial Anime dan Manga Naruto


Dalam manga Naruto, desa para shinobi atau desa-desa tersembunyi adalah desa-desa ninja yang berperan sebagai kekuatan militer untuk negara mereka. Desa desa ini disebut desa tersembunyi karena berada jauh dari pusat peradaban negara tempat desa itu berada. Setiap negara menaungi satu desa; contohnya Konohagakure dinaungi negeri api. Nama desa dan negeri yang menaungi mereka tidak selalu sama, contohnya negeri api menaungi desa daun, negeri angin-desa pasir, negeri air-desa kabut, negeri petir-desa awan dan desa tanah menaungi desa batu. Setiap desa tersembunyi menjaga perekonomiannya dengan melatih warga negaranya untuk menjadi ninja mulai dari usia kecil. Mereka digunakan sebagai kekuatan dalam berbagai misi, yang kemudian, mereka akan dibayar setiap kali melakukan misi-misi tersebut, dari mencabuti rumput liar untuk sebuah single payment hingga ‘gaji tetap’ dari negara dimana mereka tinggal apabila mereka menjadi tentara ketika seandainya negara terlibat perang. Desa-desa tersembunyi di lima negara utama dipimpin oleh seorang Kage.

Dan berikut ini adalah daftar desa para shinobi

1. Konohagakure

Konoha

Konohagakure, yang memiliki arti sebagai desa daun. Konohagakure merupakan desa kelahiran tokoh utama dalam film naruto, yakni Naruto. Dimana di desa ini kebanyakan para shinobinya menggunakan elemen api sebagai jurus andalannya. Desa ini merupakan desa militer atau desa yang paling terkuat dari seluruh desa di film Naruto. Dalam episodenya konoha sekarang dipimpin oleh hokage yang bernama Tsunade, seorang cucu dari hokage pertama dan murid dari hokage ketiga.

2. Sunagakure

Sunagakure copy

Sunaggakure,Β yang memiliki arti sebagai desa pasir. Desa ini merupakan desa dari shinobi bernama gaara , temari dan kankuro, baki dan masih banyak lagi. Dan salah satu anggota akatsuki dari negeri pasir adalah sasori. Desa ini meskipun berjulukan desa pasir namun sebenarnya adalah desa angin, kebanyakan shinobinya pengguna elemen pasir dan angin. Seperti temari meskipun tidak bisa mengendalikan pasir namun ia seorang pengendali angin. Desa ini dipimpin oleh kazekage. Dan saat ini gaara lah yang menjadi kazekage di Sunagakure.

3. Kirigakure

Kirigakure

Kirigakure, yang memiliki arti Desa Kabut Tersembunyi. Kirigakure terletak di Negara Air. Pemimpinnya disebut sebagai Mizukage. Kirigakure dijuluki sebagai desa air sebab kebanyakan shinobi di desa ini menggunakan elemen air sebagai jutsu mereka.Desa ini juga tempat tinggal jinchuuriki terdahulu dari Bijuu ekor 3,sebelum dilepas bebas dan akhirnya ditangkap Deidara dan Tobi. Di masa lalu, Kirigakure terkenal karena sistem kelulusan akademi ninjanya yang amat kejam. Sistem tersebut mengharuskan setiap calon lulusan untuk menyerang, melukai, bahkan membunuh teman-teman seangkatan mereka.Seorang siswa bernama Zabuza Momochi berhasil membunuh seluruh siswa angkatannya dalam tes ini. Bersama dengan Kisame Hoshigaki dan Raiga Kurosuki, Zabuza termasuk dalam kelompok Tujuh Pemegang Pedang Ninja dari Desa Kabut, kelompok ninja terkuat di desa ini yang menggunakan pedang besar sebagai senjata andalannya.

4. Amegakure

Amegakur

Amegakure, yang memiliki arti desa hujan. Dan desa ini merupakan asal dari seorang shinobi pendiri akatsuki yakni Pain. an sekarang desa ini telah dipimpin oleh Pain. Saat kematian Pain, Konan menggantikan Pain. Pemimpin desa amegakure yang sangat terkenal yakni Salamander Hanzou.

5. Iwagakure

iwagakure

Iwagakure, yang memiliki arti desa bebatuan. Shinobi terkenal dari desa ini adalah deidara yang merupakan salah satu anggota akatsuki dengan elemen peledaknya. Desa ini pernah berperang dengan Konoha dalam perang besar ninja ke-3. Ninja desa Iwagakure mengandalkan elemen tanah. Iwagakure mempunyai Kage yaitu Tsuchikage.Desa ini juga mempunyai 2 jinchuuriki.yaitu ekor 4 yang telah ditangkap Akatsuki, dan Ekor 5 yang juga sudah disegel.karena itu anggota akatsuki mengincarnya.

6. Uzushiogakure

100px-Uzushiogakure_Symbol.svg

Uzusjiogakure, Semua orang yang berada di dalam desa ini merupakan keturunan Uzumaki. Selain itu, di desa ini adalah desa ibu Naruto yaitu Kushina Uzumaki. desa ini merupakan desa sahabat bagi konoha, tetapi karena serangan besar desa ini lenyap, untuk mengenang persahabatan konoha dan uzugakure, para shinobi dari konoha memakai lambang spiral pda begian belakang baju zirah mereka yang merupakan lambang dari desa Uzushiogakure. Shinobi dari uzugakure juga terkenal dengan kemampuan teknik penyegelan yang sangat hebat.

7. Otogakure

Simbol_Otogakure

Otogakure, Desa bunyi. Desa yang seluruh shinobinya menggunakan elemen suara/bunyi. Desa ini didirikan oleh Orochimaru ketika melarikan diri dari konoha sebagai pusat penelitian terhadap teknik terlarang dan sarana militer buatnya. Walaupun baru berdiri, desa ini telah punya kekuatan militer yang sangat tangguh.Dari tempat ini,banyak shinobi dikumpulkan dari Klan Fuuma.Desa Otogakure pernah bersekongkol dengan Desa Sunagakure untuk menghancurkan Desa Konoha.Ninja-Ninja kuat dari desa ini adalah Yakushi.

8. Kumogakure

Kumogakure copy

Kumogakure, desa awan yang terletak di negara petir. Sebagai bagian dari 5 desa terbesar ninja, Kumogakure mempunyai seorang kage, yaitu Raikage. Di masa lalu, saat Kumogakure dan Konohagakure sedang berperang, salah satu shinobi dari desa ini mencoba untuk menculik Hinata Hyuga, namun gagal dan berakhir dengan kematian ayah Neji.Suatu saat,ketika beberapa saat setelah Kushina(ibu Naruto)pindah ke Konoha,Kumogakure juga menculik Kushina karena chakranya istimewa.Tapi karena Minato menyadari jejak Kushina yang menjatuhkan rambut merahnya satu persatu,Minato berhasil menggagalkan penculikan itu. Pada umumnya, ninja Kumogakure menguasai elemen petir secara dominan. Terdapat juga jinchuuriki di Kumogakure, yaitu Yugito Nii, pemilik Nekomata (siluman berekor dua) yang berhasil ditangkap Akatsuki,dan juga jinchuuriki ekor 8,yaitu pria bernama Killerbee yang belum tertangkap Akatsuki.Di negara ini juga ada ninja yang bernama Samui, Karui, dan Omoi.

9. Kusagakure

Simbol_Kusagakure

Kusagakure, desa rerumputan. Tak banyak yang mengenal desa ini, namun salah satu sinobi terkuat dari desa kusagakure dan merupakan salah satu dari anggota akatsuki adalah Zetsu.

10. Yukigakure

Simbol_Yukigakure

Yukigakure, Desa salju. Merupakan latar dari Naruto the movie 1. Diakhir cerita desa ini menjadi desa musim semi. dan desa ini akhirnya musnah karena prajurit-prejurit di desa ini dikalahkan oleh kelompok bandit-bandit. Dan desa ini menjadi milik para bandit yang berencana akan menguasai dunia.

Advertisements

2 thoughts on “Desa Para Shinobi dalam Serial Anime dan Manga Naruto

  1. keren nih, infonya cukup lengkap πŸ™‚ aku, sebagai org yg gak pernah ngikutin naruto, jd tau dikit ttg kota2nya & para pemimpinnya πŸ˜€ πŸ˜€

    Like

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s