Tutorial Membuat Foto Menjadi Efek Kartun Menggunakan Photoshop CS3


Mengawali postingan pertama di bulan November musim penghujan, yaah udah kaya judul lagu aja November Rain. Pastinya postingan kali ini gak akan membahas musim penghujan ya, kaya BMKG aja yang baru-baru ini mengeluarkan pengumuman berita extrim. Ayook bergegas buka Photoshop, nah saya gak akan jelaskan apa itu photoshop karena telah dijelaskan pada postingan yang lalu. Lanjut aja ya monggo disimak …

Alat tempur :

* laptop milik sendiri ahahaha …

1. Buka adobe photoshopnya, disini saya menggunakan CS3. Kemudian buka foto yang akan di eksekusi File >> Open.

2. Selanjutnya duplicate layer foto yang telah anda buka dengan cara, pilih pada menu Layer >> Duplicate Layer. Maka secara otomatis akan menambah layer baru dengan objek yg sama

ps1

3. Pilih Filter >> Artistik >> Poster Edges, maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini

ps3            selanjutnya isikan nilai seperti dibawah ini, nilai disesuaikan dengan foto yang akan di eksekusi

ps24. Selanjutnya, jangan langsung pilih atau menekan OK. Buatlah New Effect Layer yang berada dipaling bawah kanan anda disamping icon tong sampah lalu pilih effect Film Grain dan isi nilai seperti gambar dibawah ini

ps4ps5

5. Ulangi kembali cara ke empat, dan pilih Cotout, isikan nilai seperti gambar dibawah ini

ps66. Setelah mengisi nilai semua, lalu tekan OK, maka akan menghasilkan foto efek seperti gambar dibawah ini :

chan

7. Selanjutnya hapus bagian yang tidak diinginkan menggunakan Brush Tool dengan menekan pada keyboard huruf B. Untuk mengambil sampel warna supaya sama seperti aslinya untuk menghilangkan bagian yang tidak diinginkan dengan cara menekan ALT + Klik kiri. Dan Finishing tererah anda mau dikombinasikan dengan yang lainnya juga bisa seperti gantibackground dan sebagainya

8. Hasil akhir saya seperti ini

ps7

Semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung di blog saya

Advertisements

22 thoughts on “Tutorial Membuat Foto Menjadi Efek Kartun Menggunakan Photoshop CS3

      • Tadinya saya juga pakai CorelDraw mas.. tapi ketika terjun kedunia kerja. Banyak perusahaan yang tidak mau beliin aplikasi CorelDraw (mahal), so jadi pindah ke inkscape…

        Like

      • memang iya mas corelDraw mahal banget pertahun. Inkscape gak terlalu jauh beda sama corel ya mas?

        Like

      • Inkscape sedikit manual dibandingkan coreldraw, Untuk warna baru mendukung rgb. Belum cmyk. Tapi kalau kita teliti dan sabar hasilnya gk kalah dengan corel draw mas. Bahkan filenya cukup kecil.

        Like

      • aku sekarang pake x8 corel mas, terkadang kalo ke percetakan buka pake x5 gak mau mas. Percetakan banyak pakai x5. Kalo x5 filenya gede banget. Ukuran gambar semakin besar ya semakin besar pula size filenya

        Like

      • Kadang mas orang percetakan minta file asli corel. Mungkin biar bisa diedit2 lagi sama mereka.

        Like

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s