e-KTP, Hanya Satu Kali Saja


e-ktpelectronic-KTP (e-KTP) adalah Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang dibuat secara elektronik, dalam artian baik dari segi fisik maupun penggunaannya berfungsi secara komputerisasi. e-KTP yang baru-baru saja diluncurkan oleh Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia pada bulan februari. Pelaksanaan e-KTP dibagi menjadi dua tahap, tahun 2011 dan berakhir pada 30 April 2012 yang mencakup 67 juta penduduk di 2348 kecamatan dan 197 kabupaten/kota. Sedangkan tahap kedua mencakup 105 juta penduduk yang tersebar di 300 kabupaten/kota lainnya di Indonesia. Secara keseluruhan, pada akhir 2012, ditargetkan setidaknya 172 juta penduduk sudah memiliki e-KTP.

Tapi tahu kah anda ? e-KTP hanya bisa difhotocopy sekali saja. Jika dilakukan fhotocopy berulang-ulang, chip penyimpan data di e-KTP akan rusak, sehingga tidak bisa dideteksi oleh komputer. Chip e-KTP juga akan rusak jika didostabler atau dipres. Sinar mesin fotokopi akan merusak nomor induk kependudukan (NIK).Pasalnya penegasan tersebut tertuang dalam surat Edaran Menteri Dalam Negeri No 471.13/1826/SJ tentang e-KTP.

Denga itu, e-KTP cukup difhotocopy satu kali selanjutnya sebagai solusinya jika ingin memperbanyak, fotocopy pertama itu yang digunakan untuk keperluan lainnya. Dan semua itu sangat cocok dengan slogannya, hingga difhotocopy juga cuma bisa sekali. Jika ini banyak kekurangannya dan menambah orang awam bingung, kenapa ini dicetuskan ? Jawabannya pasti sama mereka yang dianggarkan.

Advertisements

23 thoughts on “e-KTP, Hanya Satu Kali Saja

    • yups bener banget, sedikit2 disetiap persyaratan ktp menjadi persyaratan utama untuk melampirkan. jika seperti ini apa cocok sistem e-KTP diterapkan di indonesia ini, bagaimana nantinya jika hilang,rusak ? tambah ribet pastinya. jauh berbeda dengan ktp lama yg simple

      Like

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s