Dampak kebiasaan merokok dan lingkungan


Sudah menjadi hal biasa dan menjadi fenomena yang terjadi di lingkungan sekitar. Lingkungan merupakan tempat yang paling dekat dengan proses seseorang menjadi pecandu rokok. Rokok adalah sebuah produk yang berbentuk slinder dan berbalut kertas dengan ukuran 70-120 mm dan berisi serbuk tembakau. Rokok dibedakan menjadi beberapa jenis. Pembedaan ini didasarkan atas bahan pembungkus rokok, bahan baku atau isi rokok, proses pembuatan rokok, dan penggunaan filter pada rokok.

Rokok berdasarkan bahan pembungkus.

  • Klobot: rokok yang bahan pembungkusnya berupa daun jagung.
  • Kawung: rokok yang bahan pembungkusnya berupa daun aren.
  • Sigaret: rokok yang bahan pembungkusnya berupa kertas.
  • Cerutu: rokok yang bahan pembungkusnya berupa daun tembakau.

Rokok berdasarkan bahan baku atau isi.

  • Rokok Putih: rokok yang bahan baku atau isinya hanya daun tembakau yang diberi saus untuk mendapatkan efek rasa dan aroma tertentu.
  • Rokok Kretek: rokok yang bahan baku atau isinya berupa daun tembakau dan cengkeh yang diberi saus untuk mendapatkan efek rasa dan aroma tertentu.
  • Rokok Klembak: rokok yang bahan baku atau isinya berupa daun tembakau, cengkeh, dan kemenyan yang diberi saus untuk mendapatkan efek rasa dan aroma tertentu.

Rokok berdasarkan proses pembuatannya.

  • Sigaret Kretek Tangan (SKT): rokok yang proses pembuatannya dengan cara digiling atau dilinting dengan menggunakan tangan dan atau alat bantu sederhana.
  • Sigaret Kretek Mesin (SKM): rokok yang proses pembuatannya menggunakan mesin. Sederhananya, material rokok dimasukkan ke dalam mesin pembuat rokok. Keluaran yang dihasilkan mesin pembuat rokok berupa rokok batangan. Saat ini mesin pembuat rokok telah mampu menghasilkan keluaran sekitar enam ribu sampai delapan ribu batang rokok per menit. Mesin pembuat rokok, biasanya, dihubungkan dengan mesin pembungkus rokok sehingga keluaran yang dihasilkan bukan lagi berupa rokok batangan namun telah dalam bentuk pak. Ada pula mesin pembungkus rokok yang mampu menghasilkan keluaran berupa rokok dalam pres, satu pres berisi 10 pak. Sayangnya, belum ditemukan mesin yang mampu menghasilkan SKT karena terdapat perbedaan diameter pangkal dengan diameter ujung SKT. Pada SKM, lingkar pangkal rokok dan lingkar ujung rokok sama besar.

Sigaret Kretek Mesin sendiri dapat dikategorikan kedalam 2 bagian :

  1. Sigaret Kretek Mesin Full Flavor (SKM FF): rokok yang dalam proses pembuatannya ditambahkan aroma rasa yang khas. Contoh: Gudang Garam International, Djarum Super dan lain-lain.
  2. Sigaret Kretek Mesin Light Mild (SKM LM): rokok mesin yang menggunakan kandungan tar dan nikotin yang rendah. Rokok jenis ini jarang menggunakan aroma yang khas. Contoh: A Mild, Clas Mild, Star Mild, U Mild, L.A. Lights, Surya Slims dan lain-lain.

Rokok berdasarkan penggunaan filter.

  • Rokok Filter (RF): rokok yang pada bagian pangkalnya terdapat gabus.
  • Rokok Non Filter (RNF): rokok yang pada bagian pangkalnya tidak terdapat gabus.

Selain dari bahan pembungkusnya rokok memiliki kandungan, ada beberapa kandungan lainnya seperti zat-zat adiktif yaitu nikotin, suatu zat dimana memberi efek kecanduan oleh perokok.

Perokok adalah mereka yang mengkonsumsi rokok baik aktif maupun pasif. Yang dapat dikatakan perokok aktif adalah mereka yang menggunakan atau mengkonsumsi rokok secara langsung dan dalam jangka waktu lama, sedangkan perokok pasif adalah kebalikan dari perokok pasif pastinya hehehe … Perokok pasif adalah  mereka yang tidak menggunakan  namun terkena dampak penggunaan rokok yang dapat mengganggu kesehatan lebih buruk daripada perokok pasif, seperti menghirup asap rokok dari si pengguna rokok.

Dapat dikatakan bahwa dampak  merokok dibagi menjadi dua, yaitu dampak positif dan dampak negatif. Efek positif dari merokok yaitu pemenuhan rasa kepuasan yang dirasakan oleh perokok tersebut. Hal ini berkaitan langsung dengan faktor penyebab individu menjadikan merokok suatu kebiasaan. Dan ini merupakan dampak positif terbesar, ternyata rokok menjadi pemasok devisa negara terbesar.

Adapun dampak negatif dari merokok yakni dapat berpengaruh terhadap dua hal, yaitu kesehatan, dan finansial. Bagi kesehatan, untuk perokok aktif,  merokok dapat menyebabkan kanker, penyakit jantung, stroke, meningkatkan kolesterol, dan lain-lain. Kalimat tersebut mungkin sudah tercantum dengan ukuran font lebih besar daripada nama merk produknya tapi kenapa kok gak terbaca juga yah oleh pengkonsumsi rokok ? ahaha gak sempat baca kali… Bahan berbahaya dan racun dalam rokok tidak hanya mengakibatkan gangguan kesehatan pada orang yang merokok, namun juga kepada orang-orang disekitarnya yang tidak merokok (perokok pasif). Perokok pasif mempunyai risiko lebih tinggi untuk menderita kanker dan penyakit jantung. Memang efek dari merokok ini tidak secara langsung dirasakan, efeknya pelan tapi pasti dalam menimbulkan bahaya yang mengancam kesehatan tubuh perokok tersebut . Jika kebiasaan merokoknya tidak segera dihentikan. Dalam kalimat lain,rokok membunuh anda secara perlahan dan sangat lembut ahaha … Adapun efek negatif bagi finansial, yaitu pemborosan. Karena,  seseorang yang sudah kecanduan akan rokok, dia akan selalu membeli rokok untuk memenuhi kebutuhannya dalam jumlah yang tidak sedikit.

Sangat jelas, dari aspek-aspek yang telah dijelaskan, rokok menjadi kebiasaan buruk akibat faktor internal ataupun eksternal. Dalam masyarakat, pemuda dan pemudi yang awalnya hanya ingin mencoba kemudian menjadi suatu kebiasaan yang disebabkan oleh faktor lingkungan. Oleh karena itu, perlu diterapkan sistem-sistem yang tegas dan ketat untuk para perokok itu sendiri untuk mengurangi kebiasaannya.

Namun alangkah baiknya para produsen rokok berhenti untuk terus memproduksi rokok. Supaya tidak ada kalimat ” Serba salah “.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s