Hargai Dia Para Veteran Indonesia


vetran indonesia

Sebelum Indonesia merdeka ribuan pejuang dari seluruh penjuru negeri berjuang mempertaruhkan harta benda maupun nyawanya demi terwujudnya kemerdekaan negara. Setelah negara ini memperoleh kemerdekaannya, dan hingga saat ini masih tertinggal yang merupakan dapat  dikatakan dia saksi hidup yang bertahan hingga saat ini di indonesia bahkan dunia. Siapa kah dia ?, dialah seorang Veteran.

Veteran merupakan seseorang yang dahulunya memiliki keberanian, tekad dan semangat untuk membela bangsa dan negaranya dari serangan luar negeri, serta memiliki pengalaman dibidang kemiliteran maupun diluar bidang kemiliterannya. Mungkin salah satu dari mereka adalah ayah,ibu,kakek,nenek,paman,saudara anda, namun pernahkah anda berfikir bagaimana nasib mereka saat ini di Indonesia ?

Mereka yang berjuang tak mengenal waktu,bahkan harus rela mati demi terwujudnya perdamaian bangsa ini disaat penjajahan dulu, seharusnya diberikan perlindungan dan kehidupan yang layak di masa tuanya. Dimana mereka juga berjuang dan saat ini harapan mereka hanya hidup nyaman, merasakan kemerdekaan yang telah dicapai. Namun kita lihat saat ini, banyak Veteran indonesia dimasa tuanya terus memperjuangkan nasib mereka. Bukan hanya ebuah sertifikat, piagam, ataupun piala yang mereka mau, tetapi mereka hanya menuntut kenyamanan mereka untuk hidup dimasa tua dan di negara ini. Fenomena ini mungkin sudah tidak asing untuk dilihat dan didengar, pasalnya setiap hari kemerdekaan negara Indonesia, para veteran-veteran elite atau bisa dikatakan mereka yang dahulunya yang memiliki jabatan besar saja yang diundang untuk mengikuti perayaan hari kemerdekaan di istana negara. Bagaimana prajuritnya?. Prajuritnya hanya terus menunggu dirumah, menunggu detik-detik terakhir rumah mereka disita/digusur .

Banyak juga veteran Indonesia yang hidupnya dibawah garis kelayakan, ada juga yang berprofesi sebagai penjahit, tukang sampah, bahkan ada yang menjadi pengemis dan gelandangan. Layakkah negara ini memperlakukan mereka?. Jika dilihat negara menganggarkan biaya pensiunan untuk para veteran Indonesia, namun anggaran itu hanya sebuah bayangan yang tak akan pernah bisa dirasakan kenyataanya. Anggaran dana pensiunan yang cukup besar, namun hanya beberapa yang menerimanya, dan siapakah yang menikmati itu semua?. Merekalah yang menandatangani persetujuan anggaran dana tersebut.

simbah veteran

Dulu aku adalah PEJUANG,

   sekarang aku menjadi GELANDANGAN

   di Negaraku sendiri yang darah dan nyawaku pernah ku pertaruhkan pada bangsa ini.
sekarang kalian yang menikmati, tapi kalian juga yg menelantarkan kami.
Indonesia masih belum MERDEKA, Biaya perayaan Upacara Kemerdekaan di Istana Negara Menghabiskan dana Rp 7,18 Miliar, 

   sedangkan dulu Kami hanya bermodalkan SEMANGAT JUANG.
Aku merasa Hidup di Negara yg tidak tahu berterimakasih kepada Para Pahlawan ! ”

Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa-jasa para pahlawannya. Jika bangsa ini belum mampu untuk mengahargai jasa-jasa mereka para pejuang, maka bangsa dan negara ini belum bisa dikatakan bangsa yang besar.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s